Ciri-Ciri Servis Kompresor Kulkas Perlu Dilakukan

lemari-es-polytron-berkualitasKulkas menjadi salah satu barang yang sangatlah penting bagi rumah tangga karena kegunaannya yang sangat bermanfaat untuk mengawetkan makanan dan minuman dalam jangka waktu yang cukup lama. Tetapi apa jadinya jika kulkas Anda tidak dingin atau rusak dan diketahui bahwa kompresor kulkas tersebut yang mengalami kerusakan padahal untuk mengganti kompresor sangatlah mahal. Anda tidak perlu tergesa-gesa mengganti komponen tersebut karena servis kompresor kulkas bisa menangani masalah Anda.

Beberapa Keadaan Servis Kompresor Kulkas Perlu Dilakukan

Untuk mengetahui komponen kulkas yang bernama kompresor mengalami kerusakan Anda tidaklah memerlukan keahlian karena ada beberapa keadaan dimana Anda bisa mengetahui secara pasti komponen tersebut mengalami kerusakan sehingga dibutuhkan jasa service kulkas jakarta atau servis kompresor kulkas segera untuk menanganinya. Kompresor merupakan jantung dari kulkas sehingga jika mengalami kerusakan maka kulkas tidak dapat berfungsi dengan baik. Berikut beberapa keadaan kompresor telah rusak dan memerlukan perbaikan segera:

  1. Mengeluarkan bunyi keras

Apabila kulkas sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama biasanya bagian dalam kompresor akan mengalami kerusakan yang disebabkan alat-alat di dalamnya sudah aus. Hal inilah yang sering menyebabkan munculnya suara keras dan berisik pada kulkas. Jika suara semakin kencang maka kulkas akan cepat mati sehingga untuk menjaga keamanan lebih baik kulkas dimatikan terlebih dahulu. Selain itu, tidak perlu mengganti kompresor karena Anda cukup mengganti alat yang aus di dalamnya saja.

  1. Tidak dingin

Karena kompresor merupakan jantung dari kulkas atau komponen utama dari alat elektronik ini untuk bekerja secara optimal, maka kerusakan kompresor bisa saja menyebabkan kulkas tidak dingin atau secara tiba-tiba es di freezer mencair tanpa diketahui penyebabnya. Meskipun banyak kendala yang terjadi pada tidak dinginnya kulkas namun utamanya faktor usia kulkas menjadi salah satu sebab kompresor mengalami kerusakan.

  1. Kulkas mati

Ketika Anda menyalakan kulkas dengan mencolokkannya ke sambungan listrik dan kulkas tidak bekerja sama sekali, bisa diketahui beberapa penyebab yang menyebabkan kulkas tidak mau menyela yaitu overload atau relay PTC putus sehingga perlu dilakukan pengecekan satu per satu. Namun jika semuanya baik maka dapat dipastikan kompresornya sudah rusak dan perlu diperbaiki. Untuk mengeceknya, Anda disarankan memberikan tegangan listrik secara langsung ke kompresor.

  1. Naiknya Ampere Kompresor

Dalam melakukan pengecekan kulkas mengalami kendala pada kompresornya adalah memeriksa batas maksimal ampere kompresor. Apabila ampere melebihi batas bisa menyebabkan kompresor mengalami kerusakan. Pengecekan komponen lain juga diperlukan yaitu mengetahui berapa PSI tekanan Freon pada kulkas tersebut. Mengapa dilakukan pengecekan pada komponen lain? Karena tekanan Freon yang sangat banyak juga dapat mengakibatkan ampere mengalami kenaikan yang signifikan.

  1. Mesin Berdengung

Ciri berikutnya adalah adanya suara mesin yang tidak normal seperti biasanya yaitu berdengung padahal kulkas tetap menyala. Penyebab mesin berdengung bisa disebabkan oleh dua hal yaitu mesin mendapat tegangan yang terlalu rendah dan bisa juga tegangan tadinya sangat tinggi. hal tersebut dapat membuat ampere kompresor akan mengalami kenaikan kemudian mesin mati.

Beberapa ciri ciri kulkas mengalami kerusakan pada bagian kompresor dapat membantu Anda mengatasi masalah jika kulkas Anda dirumah mengalami salah satu ciri tersebut. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengganti kompresor yang harganya sangat mahal bahkan bisa untuk membeli kulkas lain yang layak pakai karena cukup melakukan servis kompresor kulkas dengan biaya yang sanat terjangkau. Seperti alat elektronik lainnya, penggunaan yang berlebihan memang mengakibatkan kerusakan maka matikan kulkas jika tidak dipakai dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *